Persiapan Traveling ke Pakistan

Persiapan traveling ke Pakistan terutama musim gugur,musti lebih ekstra. Sebentar lagi kita berangkat ke Pakistan kita, apa yang harus dipersiapkan di Musim gugur dan musim lainnya.

 

Berikut saya buat sekilas saya rangkum infonya

Pakaian musim dingin

Long john, Jacket, Tutup kepala ,Sweater dan sarung tangan, Sepatu Both wajib dibawa.Karena  destinasi kita utara Pakistan di Gilgit yang pada saat musim panas saja sudah dingin, apalagi masuk Autumn bgini.  Ini yang terpenting. Cuaca berubah, winter datang lebih awal sekarang. Suhu diperkirakan – 10  terbawah tapi rata rata diatas 0 , estimasi 5- 10 derajat.

Snow Fall atau hujan salju diperkirakan akan mudah kita temui selama October pertengahan ini hingga Pebruari tahun depan.

Uang Cash

Bawa uang cash dalam bentuk Dollar akan sangat membantu dibanding bawa Rupiah. Duit kita tidak diterima disana. Kurs nya juga bagus. Bisa ditukar pada saat di Bandara atau paginya sebelum berangkat ke Utara. Dan mata Uang Pakistan adalah PKr Pakistan Rupee.

Bagaimana dengan ATM.Pengalaman tahun lalu, Debet dan Credit card saya tidak diterima disana. Mandiri dan BCA. Visa ataupun mastercard.

Telephone dan Komunikasi

Sama dengan Duit, ribet urusannya. Kita terpaksaharus  memakai kartu lokal disana. Dan untuk daerah Gilgit, Hunza, mereka memakai kartu berbeda, mirip kejadian di Kashmir. Kalau memakai kartu dari Islamabad , kena roaming. Aneh. Local Guide kita sudah saya minta untuk mempersiapakan kartu local disana. Silakan bayar langsung pas disana ya.

Food And beverage

Makanan Pakistan mirip India, tapi tidak berkare menyengat. Saya cocok makan disana.Menu daging sapi, domba, ayam dan Yak Nasi Biryani akan mudah kita temui disana.Western Break fast, Roti, susu , Yoghurt, telur keju menu khusus untuk pagi hari.Kalau mau bawa makanan, Sambal , Indomie ataupun rendang bolehlah dibawa untuk persiapan jika nanti tak da selera dengan manakanan local.

Issue dan Politic

Dilarang berbicara politik apalagi ada bau2 India disana terutama di Area public, Airport, Imigrasi dll. Sangat sensitive disana. Tau sendiri India dan Pakistan sperti Tom And Jerry. Ribet urusannya dah.

Pasport dan Visa

Visa mohon di print dan jangan jauh jauh dari Pasport. Nanti akan di minta pas di imigasi dan proses check in. Beruntungnya sekarang, Izin masuk Pakistan jadi lebih mudah, karena diberikan fasilits Voa dan Evisa.

 

 

Perjalanan darat

dari Islamabad ke North Area, Gilgit Baltistan adalah perjalanan paling unik dan berbeda dari selama saya Traveling, bahkan di dunia. Waktu yang Panjang dan jalur yang tak biasa adalah seni dalam perjalanan ini. Persiapkan diri anda, Agar tidak bosan, siapkan music di Hp Ipad atau perangkat lainnya.Menikmati perjalanan dengan menikamti view yang menarik adalah hal yang paling masuk akal untuk membunuh bosan.

Shopping

Shopping di Pakistan berbeda dengan negara lain. Dan kurang menarik buat mak mak. Bisa dikatakan tak banyak lokasi shopping disana.  Kerajinan dan makanan local lebih dominan daripada pakaian dan barang branded. Jadi Pakistan bisa saya katakana bukan destinasi untuk shopping. Maaf ya emak emak.

Akhirnya,Traveling ke Pakistan itu kontras berbeda dengan Negara lain. Tak banyak orang Indonesia kesini.Alam yang indah dan masyarakat yang ramah akan mudah kita temui disana.Siapkan memory Hp dan camera anda selama perjalanan ini. Semoga pengalaman baru dan bahagia kita dapat nantinya ya.

Happy traveling…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.